Jika berbicara perihal keuangan, gaji adalah sumber keuangan hampir seluruh penduduk di bumi ini, sisanya mereka yang berusaha menjadi tenaga terampil dan mendapatkan upah dari kerajinan mereka. Gaji merupakan uang yang diterima oleh karyawan yang bekerja di suatu perusahaan, uang yang diterima pun beragam jumlahnya disesuaikan dengan kemampuan yang dimiliki oleh personal seseorang.

Baca juga: Penasaran Berapa Gaji Karyawan di Google

Belum lagi di Indonesia uang yang diterima oleh karyawan beragam juga dikategorikan sesuai daerahnya yang sering dikenal dengan UMR dan UMK. Tiap daerah di Indonesia memiliki perbedaan minimum gaji untuk uang yang mereka terima dibawa pulang. Jika bekerja di sebuah kota yang siklus ekonominya baik, maka UMR dan UMK bisa dipasikan tinggi dibandingkan dengan daerah di Indonesia yang siklus ekonominya masih berkembang.

 

Perusahaan tempat di mana karyawan bekerja selalu dikawal dengan regulasi pemerintah, sebabnya perusahaan pun tidak asal menetapkan gaji untuk uang yang mereka berikan pada karyawannya. Bidang pekerjaan ini juga terbilang ragam, dan menjadi indikator besaran uang yang diterima oleh karyawan. Semisal saja seorang pakar SEO yang bekerja di perusahaan, pasti akan berbeda-beda sesuai posisi di mana dia bekerja.

 

Mari saya ajak mengintip berapa uang yang diterima seorang pakar SEO yang bekerja di perusahaan. Dikutip dari payscale, pekerjaan seorang SEO Manager di perusahaan berbeda beda sesuai negaranya, seperti di Australia rata-rata per tahunnya AU$69,572 setara 662 juta rupiah, di Singapura seorang SEO Manager rata rata per tahun S$43.000 setara 444 juta rupiah dan di malaysia RM 106,020 setara dengan 358 juta rupiah. Lalu bagaimana perhitungan uang gaji SEO Manager di Indonesia.

 

Pakar SEO di Indonesia

 

  • SEO Director yang bertugas menanggungjawabkan tim SEO, memberikan strategi dan tugas lainnya, di Indonesia gajinya bisa berkisar Rp.17.000.000 s/d Rp. 40.000.000 per bulan.
  • SEO Manager yang memiliki tugas pelaporan semua hasil kerja tim SEO kepada SEO Director gajinya di Indonesia berkisar Rp. 12.000.000 s/d Rp. 35.000.000 per bulannya.
  • SEO Content/Keyword Strategis yang umumnya bertugas mengepalai sebuah project campaign di google atau pun mesin telusur lainnya, khususnya di Jakarta gajinya berkisar antara Rp. 8.500.000 s/d Rp. 25.000.000 per bulannya
  • SEO Analyst atau Specialist seorang analisa keyword potensial dan melaporkan kepada tim, gajinya bisa berkisar Rp. 6.000.000 s/d Rp. 17.000.000 per bulan.
  • SEO Copywriter seorang penulis artikel yang SEO di Indonesia gajinya bisa berkisar Rp. 4.000.000 s/d Rp.12.000.000 per bulan.
  • SEO Link Builder seorang yang tugasnya untuk SEO Link builder adalah menanam link dengan strategi gajinya berkisar Rp. 2.500.000 s/d Rp. 7.500.000.

Sekilas tentang perhitungan gaji seorang pakar SEO semoga bisa menambah wawasan tentang karyawan SEO di Perusahaan. Seorang pakar SEO tidak harus bekerja di perusahaan, menjadi seorang freelance seperti yang saya lakukan sebagai Mentor SEO Medan juga tidak ada salahnya, salam SEO.